Gunakan Flash Disk Untuk Dijadikan Bootable Windows Tanpa Menggunakan Software


Pernahkah anda mempunyai komputer error pada OS Windowsnya ?. Ingin anda menginstal kembali OS Windows pada komputer anda tanpa harus pergi ke toko membeli sebuah kaser DVD atau CD untuk dijadikan instalan Windows ?. Ingin menggunakan Flash Disk akan tetapi anda tidak mempunyai software untuk menjadikan Flash Disk jadi bootable atau instalan Windows.
Flash Disk di Ubah Menjadi Bootable Windows

Dengan menjadikan Flash Disk sebagai bootable adalah pilihan terbaik untuk anda bila mana ingin menginstal kembali OS Windows pada komputer anda tanpa harus membeli sebuah kaset DVD atau CD. Ada dua cara agar Flash Disk anda bisa dijadikan bootable Windows yaitu dengan menggunakan software dan tanpa menggunakan software.

Berguna untuk anda bila mana tidak mempunyai akses internet atau kuota anda sedang masa tenggang atau habis. Dengan cara ini, anda bisa membuat Flash Disk anda dijadikan instalan Windows. Sip, sekarang tinggal ikuti cara-caranya dibawah ini.

Hal yang harus anda lakukan siapkan terlebih dahulu Flash Disk anda sekitar lebih dari 4 GB atau lebih dari file instalan Windows yang anda ingin instalkan. Lalu tancapkan Flash Disk ke komputer, setelah terdeteksi, hal yang penting adalah back up data pada Flash Disk anda ke komputer. Kemudian tekan secara bersamaan WIN + R, ketikan "diskpart".
Flash Disk jadi Bootable tanpa software

Pada CMD anda akan melihat DISKPART >, ketikan saja "list disk" dan Enter.
Perhatikan baik-baik, kenali kapasitas Flash Disk anda sendiri. Jika Flash Disk anda 8GB, kapasitas yang terihat pasti kurang dari 8GB(8000MB) atau 7GB(7000MB) ke atas. Contoh dibawah ini, hanya tertera 2 disk, Flash Disknya ada pada no. 1.
Flash Disk jadi Bootable tanpa Software

Setelah mengetahui nomor berapa pada disknya, tinggal tuliskan "select disk 1" (angka 1 ubahlah menurut nomor disk kamu). Kemudian "Enter".
Flash Disk jadi Bootable tanpa Software

Lalu ketikan saja "clean" dan "Enter". Hal ini berguna untuk menghapus data pada flash disk yang masih tersimpan. Bila mana menemui gejala seperti ERROR : Acces is danied, ketikan ulang lagi lalu enter.
Flash Disk jadi Bootable tanpa Software

Sesudah berhasil tinggal ketikan saja "create partition primary", lalu "Enter".
Flash Disk jadi Bootable tanpa Software

Pastikan langkah sebelumnya berhasil, lalu ketikan "active" dan Enter. Untuk dijadikan partisi tersebut sebagai active.

Beri format partisi pada disk dengan file sistem FAT32, ketikan "format fs=fat32 label=USB MAUL" (Ubah nama pada label, dengan sesuka anda). Kemudian Enter.
Flash Disk jadi Bootable tanpa Software

Tunggu proses hingga selesai 100 persen. Bila sudah selesai tanpa anda error atau kendala lainnya, ketikan saja Exit untuk keluar dari DOS.

Setelah berhasil langkah-langkah di atas, flash disk anda sudah bisa dijadikan untuk instalan windows dengan cara :

Copykan saja file Windows versi apapun yang ingin anda gunakan ke flash disk anda. Setelah selesai, icon pada disk USB pasti akan berubah seperti pada gambar dibawah.
Flash Disk jadi Bootable tanpa Software

Sukses sudah cara-cara di atas tentang Gunakan Flash Disk Untuk dijadika Bootable Windows Tanpa Menggunakan Software. Semoga bermanfaat dan sukses tutorial di atas.



No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.