Pengertian Google Adsense Dan Istilah-istilahnya


Google Adsense adalah salah satu program dari pihak google yang bertujuan untuk memperoleh uang dengan menayangkan iklan dari Google Adwords pada situs besar atau kecil secara gratis. Dengan program adsense ini, anda bisa mendaftarkan situs web atau blog anda untuk  disetujui. Setelah disetujui, anda bisa menempelkan unit iklan untuk ditayangkan di situs anda sendiri. Dengan itu anda bisa memperoleh uang jika setiap pengunjung meng-klik unit iklan tersebut.
Pengertian Google Adsense Dan Istilah-istilahnya
Pengertian dan Istilah Google Adsense

Selain itu, anda bisa memperoleh uang dari penelusuran iklan adsense (Adsense for Search) atau iklan yang diarahkan di situs anda (Refferal). Dengan memasang widget penelusuran dari Google (Google Costum Search Engine), anda akan mendapatkan uang dari setiap pengunjung yang menggunakan kotak widget tersebut sebagai penelusuran konten di situs anda. Ditambah anda akan mendapatkan uang dari segi tayangan iklan yang tampil dan terlihat oleh pengunjung.

Perbedaan Adsense dengan Jaringain Iklan Lain

Google Adsense memang berbeda dengan jaringan iklan yang lain, dikarenakan program penayangan iklan ini merupakan iklan dari Google Adwords, Google Adsenselah yang menjadi penayangnya. Tampilan iklan juga lebih relevan, gratis bagi penayang iklan di Google Adwords dan membayar ke pihak google juga penayang adsense jika iklan di klik dan berapa pertayang iklan tersebut tampil (Page Impressions).

Syarat bagi penayang iklan disitus anda. Anda boleh untuk melihat iklan yang tampil disitus anda sendiri, akan tetapi tidak diperbolehkan untuk mengeklik iklan tersebut. Jika hal itu terjadi, maka akun adsense anda akan dibanned atau ditangguhkan.

(Baca : Syarat Dan Tips Ampuh Untuk Menjadi Publiser Adsense Google Pada Blog)

Beberapa Istilah yang di Gunakan Google Adsense

PUBLISHER
Publisher atau yang disebut dengan penayang iklan, adalah suatu pemilik situs web atau blog yang menayangkan iklan adsense. Sebelum menayangkan iklan adsense tersebut, pemilik situs harus mendaftarkan terlebih dahulu situs dan akun google mereka ke Google Adsense untuk disetujui, apakah situs anda layak atau tidak sesuai Kebijakan Program pihak Adsense. Setelah disetujui, barulah pemilik situs bisa menayangkan iklan dengan menempelkan beberapa widget iklan adsense ke situs mereka sendiri.

ADS UNIT
Ads Unit adalah suatu iklan yang terdiri dari beberapa jenis iklan beserta ukuran iklan itu sendiri. Unit iklan yang tampil seperti iklan teks atau iklan bergambar dan video, jika pengunjung mengeklik unit iklan yang tampil disitus anda, anda akan mendapatkan uang dari situ berdasarkan jumlah CPC.

LINK UNIT
Link Unit merupakan iklan yang ditampilkan seperti menu navigasi, berformat teks. Cara kerjanya, jika pengunjung mengeklik iklan Link Unit, pengunjung akan diarahkan ke hasil pencarian di Google Search Engine. Dan pemilik situs akan mendapatkan uang dari tayangan yang ada di Search Engine tersebut.

ADSENSE FOR CONTENT
Adsense for Content adalah kata lain dari Adsense untuk sebuah konten situs. Disebut Adsense for Content karena iklan ini dipasang disetiap halaman konten artikel anda, dan iklan tersebut muncul sesuai dengan isi konten-konten tersebut.

Ada satu kendala untuk Adsense for Content ini, yaitu iklan tersebut tidak selalu muncul. Dikarenakan stok iklan adsense yang berhubungan dengan isi konten sudah tidak tersedia atau karena Google tidak dapat memperkirakan isi konten anda. Jika terjadi akan membuat iklan yang ditampilkan dari pihak layanan masyarakat (Public Service Ad). Iklan tersebut jika diklik tidak akan mendapatkan apa-apa dari pihak Google Ads. Untuk mengatasinya anda harus membuat iklan secara alternatif dengan menggunakan fitur Alternate Ads. Jika sudah di atur, maka iklan yang seharusnya tidak tampil, akan berganti dengan iklan yang sudah diatur sebelumnya di Alternate Ads.

CHANNELS
Channels merupakan suatu tabel yang digunakan untuk menampilkan dari beberapa macam jenis iklan, seperti Ads Unit, Link Unit, Ads for Search. Dalam laporan yang tampil juga akan dikelompokan berdasarkan Chennels. Agar lebih mudah dan detail dalam menganalisis performa Adsense disetiap unit, buatlah nama channels yang berbeda pada setiap unit iklan.

PAGE IMPRESSIONS
Page Impressions adalah suatu laporan yang menunjukan berapa banyak unit iklan yang tampil disetiap laman yang didatangi pengunjung. Besar pendapatannya dari ini sesuai dari segi kualitas iklan itu sendiri.
 
CTR "Click Through Rate"
CTR merupakan laporan dari sebuah perbandingan dari berapa persen jumlah yang diklik pada setiap unit iklan adsense dengan berapa kali jumlah iklan yang tampil.

CPC "Cost Per Click"
CPC yaitu laporan berupa jumlah uang untuk penayang berdasarkan perklik. Menampilkan dari beberapa faktor juga tergantung dari kualitas situs tersebut. Pada umumnya, maksimal nilai yang ditawarkan oleh pengiklan adalah 20% persen.

eCPM "Effective CPM"
ECPM atau yang disebut dengan Effective Cost Per Million adalah laporan hasil pembagian dari jumlah pendapatan penayang dengan jumlah tampilan halaman (perseribu tampilan).

CLICKS
Clicks adalah laporan yang menunjukan berapa jumlah klik pada iklan yang tampil disitus anda sendiri. Laporan tersebut akan menunjukan berapa total unit iklan yang diklik.

Hanya sampai disini saya menjelaskan Pengertian Google Adsense dan Istilahnya. Jika ingin memperjelas tentang penjelasan bagaimana cara kita dibayar oleh pihak Ads Google, silahkan kunjungi alamat situs resmi google yaitu : "https://support.google.com/adsense/answer/9902" tanpa tanda kutip.

No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.