Fungsi Fitur Penargetan Internasional di Webmaster Google


Webmaster Google adalah salah satu layanan yang sangat berguna untuk kesehatan situs Anda. Jika anda ingin memiliki situs yang sehat, relevan, dan disukai oleh mesin telusur, serta memantau kinerja situs anda apakah sudah bekerja dengan baik atau belum, webmasterlah salah satu alat yang tepat untuk situs kita.

Penargetan Internasional di Webmaster Google

Salah satunya adalah fitur Penargetan Internasional pada Webmaster Google untuk web atau blog pribadi, yang berfungsi untuk menargetkan situs anda di mesin pencari (google.com) ke salah satu Wilayah atau Negara tertentu. Yang berarti, situs anda akan selalu muncul di hasil penelusuran mesin telusur sesuai wilayah atau negara yang ditargetkan.

Seperti contoh, jika kita melakukan pengaturan Penargetan Internasional di webmaster google nya di Amerika, maka situs anda akan selalu di rayapi dan selalu muncul di hasil penelusuran Negara Amerika. Jika menargetkannya ke bagian Indonesia, maka mesin telusur akan selalu menampilkan situs anda bagi orang yang berada di Negara Indonesia.

Fitur ini memang disarankan untuk situs-situs yang berdomain TLD (Top Level Domain : domain berbayar) dan domain gTLD (Generik Top Level Domain). Itu juga jika situs anda dipergunakan untuk jual beli, atau situs yang digunakan untuk dibaca oleh orang-orang yang berada di Wilayah anda sendiri. Misalnya jika anda mempunyai usaha lestoran atau produk di Negara Indonesia, maka dengan fitur ini adalah salah satu yang tepat kita terapkan agar situs anda selalu muncul dan bersaing dengan situs lainnya yang berada di Indonesia. Maksudnya, jika kita memang mempunyai usaha wilayah tersebut, tentu kita juga ingin usaha itu juga laku di Negara tersebut. Dan jika memang situs anda berbahasa Indonesia, akan tetapi diminati oleh orang-orang di berbagai wilayah/ Negara, sebaiknya jangan menggunakan pengaturan ini.


Beberapa Domain yang Berlaku Untuk Melakukan Penargetan Goegrafis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa penting sekali untuk melakukan Penargetan Internasional bagi situs yang memiliki domain tingkat atas. Situs yang ber-domain gTLD, tentu situs yang mempunyai domain tersebut tidak mempunyai penargetan wilayah sendiri. Beberapa domain yang berlaku untuk penargetan wilayah atau negara adalah sebagai berikut :

Domain gTLD (Generik Top Level Domain) : .com, .org, .net dan lain-lain.
Domain rgTLD (Regional Generik Top Level Domain) : .eu, .asia, .id (umumnya domain tersebut diberlakukan seperti .com, dan lain-lain.
Domain ccTLD : .ad, .as, .bz, .cc, .cd, .co, .dj, .fm, .io, .la, .me, .ms, .nu, .sc, .sr, .su, .tv, .tk, dan .ws


Cara Mengatur Target Lokasi

Cara untuk melakukan penargetan internasional, yaitu di bawah ini :
  • Silahkan masuk terlebih dahulu ke Halaman Utama Search Console.
  • Pilih bilah menu Lalu Lintas Penelusuran dan klik Penargetan Internasional.
  • Klik bagian Negara, dan centang kotak Pengguna tujuan di : pilihlah wilayah yang ingin anda targetkan. Bila situs anda tidak ingin dikaitkan dengan lokasi apapun, silahkan pilihlah Tidak Tercantum.
Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Fitur Penargetan Internasional di Webmaster Google. Terima kasih anda telah berkunjung dan semoga bermanfaat bagi anda.


No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.