Memasang Kode Google Analytics di Blog Blogger


Google Analytics adalah salah satu situs dari layanan google, yang berguna untuk melihat dan mengetahui seberapa ramainya pengunjung blog atau web anda. Fitur dari google ini sangat tepat sekali untuk memantau alur pengguna pada situs anda, dari interaksi pengunjung, berapa lama orang mengunjungi situs anda, lokasi pengunjung, dari perangkat apa orang mengunjungi situs, dan lain-lain. Anda juga bisa melihat pengunjung yang sedang aktif mengunjungi situs anda saat itu juga.

Intinya, fitur Google yang satu ini berguna untuk memantau lalu lintas terafik situs online anda, melihat seberapa kualitas blog anda di mata mesin telusur, terutama google dan lain-lain. Jika anda mempunyai situs web pribadi, atau situs untuk bisnis online, dan blog pribadi, tentunya fitur google yang satu ini adalah suatu keharusan untuk memantau situs anda.

Cara Memasang Kode Google Analytics di Blog Blogger

Berikut di bawah ini adalah langkah-langkah untuk memasang kode Google Analitics di situs blog atau web online :

Kunjungi halaman situs layanan Google terlebih dahulu, Analytics GoogleSetelah itu klik Masuk atau Buat Akun terlebih dahulu jika anda belum mempunyai akun google. Bagi yang baru saja melakukan pendaftaran, silahkan isikan formulir pendaftaran. Buat Akun Baru Pada opsi berikut silahkan klik Web Site jika untuk situs web dan blog. Masukan : 1). Nama Akun, 2). Nama Situs Anda, 3). Url Situs Anda, 4). Tema yang dibahas di Situs Anda, 5). Pilih Negara dan Zona waktu Anda sendiri. Centang semua opsi di bawah, setelah itu tinggal pilih Dapatkan ID Pelacak.

Masukan data situs di Google Analytics

Ubahlah opsi di sudut kiri atas sesuai Negara tempat Anda tinggal. Dan Klik Saya Setuju.

Persyaratan Layanan Google Analytics

Salin ID Pelacakan dan sisipkan ke blog anda. Caranya, masuk ke blogger, pilih Setelan dan Lainnya, tempelkan ID yang telah disalin tadi, dan klik SIMPAN.

Salin ID Analytics

Salin ID Analytics


Dan yang terakhir, silahkan salin kode javascript Pelacakan Situs Web ke template situs, yaitu dengan masuk ke blogger terlebih dahulu, pilih Tema, Edit HTML, lalu sisipkan kode nya tepat di atas kode penutup tag </head> (Untuk memudahkan mencari kode tersebut, silahkan tekan CTRL+F, paste kode penutup HEAD tadi dan enter), terakhir klik simpan template blog anda. Lakukan pengecekan terhadap kode yang sudah disisipkan tadi, di halaman Analytics dengan Kirim Lalu Lintas Percobaan.

Bila sudah menyelesaikan cara-cara di atas, dan tidak ada kendala apapun, artinya anda sudah berhasil memasang Google Analytics di situs web/ blog anda sendiri. 


No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.