Mengatasi Aplikasi Android Tiba-tiba Keluar Sendiri


Sungguh kesal sekali jika kita sedang asik-asik bermain game atau membuka dan menggunakan aplikasi smartphone android tiba-tiba keluar sendiri. Memang kejadian ini tidak asing lagi bagi semua spesifikasi smartphone atau semua merek gadget pribadi sendiri. Apa lagi jika kejadian ini sering terjadi pada smartphone kita.
Cara Atasi Aplikasi Android Forse Close

Seiring perkembangan zaman, banyak game-game yang mempunyai grafik tinggi dan aplikasi-aplikasi yang berfitur banyak dan canggih. Sering selalu kita melakukan update pada playstore dan cukup membuat memori internal di smartphone kita penuh. Sedihnya lagi jika android kita hanya memiliki RAM dan Internal Memori yang kecil. Tentu akan membuat smartphone kita lambat, ditambah karena lambatnya kinerja smartphone (RAM/internal kecil), pada kinerja aplikasi atau game akan tidak setabil dan bisa menyebabkan force close sendiri.

Disini saya akan menyebutkan beberapa tutorial atau cara untuk mengatasi dan menghindari terjadinya aplikasi gadget forse close sendiri dengan tiba-tiba. Cara ini bisa dibilang mudah dan tidak perlu melakukan pencopotan pada aplikasi-aplikasi yang anda punya. Berikut adalah beberapa tips dari saya, yaitu :


Mengunduh dan Memasang Aplikasi dan Game Android di Playstore

Perlu anda ingat, dengan mengunduh aplikasi dan game di playstore adalah cara aman untuk menghindari dari aplikasi-aplikasi yang sudah terifeksi oleh virus. Dengan begitu smartphone anda akan lebih terhindar dan lebih sehat atau terlindungi dari serangan-serangan virus malware dan semacamnya.


Sesuaikanlah Kualitas Aplikasi atau Game Dengan Spesifikasi Gadget

Jika kita tidak menyesuaikan atau maksudnya bisa kita sebut tidak tau diri (hhehe) dalam menginstal aplikasi game yang tidak sesuai dengan spek kekuatan smartphone kita sendiri. Tentu akan menyebabkan kinernja aplikasi tersebut (ngelag, macet, tidak setabil), dan bisa-bisa membuat aplikasi yang dimainkan forse close (keluar sendiri secara tiba-tiba). Jadi, jangan memaksakan untuk memasang aplikasi bergrafik tinggi jika smartphone kita mempunyai spesifikasi RAM, Internal, Prosesor kecil atau lambat.


Bersihkan File Sampah dengan Aplikasi Clear RAM dan Cache

Pada umumnya, orang-orang awam yang mempunyai smartphone tidak mengetahui cara hal ini. Mereka hanya memakai dan jika terjadi sesuatu pada kinernja smartphone seperti ngelag, ngehang, atau aplikasi yang keluar sendiri, mereka akan merasa bahwa gadgetnya itu sudah rusak atau semacamnya.

Dengan menghapus (membersihkan) saja file-file sampah pada Cache browser atau file sampah dari aplikasi yang berjalan dan sudah digunakan, juga sampah RAM yang menumpuk, tentu berguna sekali untuk kinerja smartphone dan bisa mencegah terjadinya forse close. Caranya anda bersihkan Cache dengan pergi ke Pengaturan, klik Manager Aplikasi, Aplikasi terpasang, dan pilihlah Aplikasi yang sering anda mainkan, lalu tekan Bersihkan Cache atau Data. Dan tutuplah aplikasi yang masih berjalan di latar belakang, dengan pergi ke Task Manager untuk menutup aplikasi tersebut.


Muat Ulang Smartphone (Restart)

Sesudah anda lakukan cara-cara di atas, pastikan tidak terlewatkan pembersihan file sampah pada cara ke tiga. Lalu lakukan Restart atau Muat Ulang pada smartphone Android untuk meningkatkan kinerja smartphone.

Semoga cara di atas bisa mengatasi keluhan pada smartphone anda. Cara di atas adalah cara paling umum yang selalu dilakukan untuk mengatasi Forse Close Aplikasi Android. Selamat mencoba dan berdoalah terlebih dahulu sebelum memperaktekannya.


1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.