Akibat Sering Mengganti Template Blog


Mengganti template memang terkadang sering kita lakukan bagi para pemula. Ada juga yang sering mengotak-atik tampilan blog, hanya sekedar warna dan tata letak saja. Ada pula yang sering mengotak-atik isi dari kode html atau javascript hanya sekedar untuk meningkatkan SEO atau menambahkan widget-widget tertentu.
Akibat Sering Mengganti Template

Faktor-faktor dari seseorang ingin menggonta-ganti tampilan template blog sendiri, itu pada umumnya karena rasa bosan pemilik dengan tampilan blog yang sudah lama dia gunakan. Seperti saya sendiri, jika kita sedang iseng-iseng mengunjungi blog orang lain, terkadang kita ingin sekali mengubah dari beberapa bagian atau juga keseluruhan tampilan blog kita sendiri dengan meniru tampilan blog orang lain. Dari widget Post Populer, atau widget Resent Posts, juga widget-widget lain-lain. Kadang juga kita ingin mengubah seluruh tampilan dari blog kita seperti blog orang lain.

Dampak dari sering menggonta-ganti template atau sekali saja kita mengubahnya, kamu harus menerima resikonya dari mengubah tampilan blog anda. Dari mulai ingin mengubah tampilan widget atau menambahkan widget, apa lagi mengubah keseluruhan dari template blog.

Sebenarnya mengganti template blog dibolehkan saja, asalkan jangan mengganti atau mengotak-atiknya dalam jangka waktu yang sangat pendek. Seperti seminggu sekali, sebulan sekali, atau beberapa bulan sekali. Minimal setahun anda mengganti template blog anda secara keseluruhan.

Saran dari saya jika anda ingin mengubah tampilan blog, anda harus memperhitungkan dari awal, dari tampilan widget serta tata letaknya harus gimana, sesuai dari yang anda inginkan. Dari SEO, tampilan warna dan menatanya dari awal agar anda tidak mudah bosan, agar anda dikemudian hari tidak ada rasa ingin mengubah atau mengotak-atik tampilan blog anda sendiri. Jadi, persiapkanlah lebih awal jika blog anda memang masih baru.

Dampak Buruk SEO Blog

Sangat jelas bagi blog anda, jika anda sering mengganti template dalam jangka waktu yang sangat dekat, tentu akan mengakibatkan menurunnya SEO (trafik blog). Menurunnya kualitas SEO blog, akan mengakibatkan merosotnya trafik blog, membuat postingan artikel blog yang sebelumnya berada dibagian srep paling atas mengalahkan tema-tema artikel yang sama dari situs lain juga akan menurun derastis. Kualitas blog anda akan menjadi menurun, dan google bot juga akan malas untuk merayapi situs blog anda.

Google Bot tidak suka dengan blog yang sering mengubah tampilan atau kode-kode html. Jika mesin pencari seperti google yang tadinya senang merayapi situs anda, dan pada kemudian hari anda menggantinya, google menganggap blog tersebut adalah situs yang baru dibuat.

Bukan hanya mesin pencari seperti google saja, mesin pencari seperti bing, yahoo, dan yang lainnya juga akan merasa malas untuk merayapi blog anda. Menganggap bahwa situs tersebut masih dalam tahap pembuatan atau perbaikan.

Menghabiskan Waktu Dengan Sia-sia

Mempunyai keinginan untuk mengganti template blog memang justru sangat banyak dampaknya. Dalam tahap pengerjaannya juga tidak membutuhkan satu sampai satu minggu saja. Misalkan dalam jangka seminggu lebih, bayangkan saja dalam jangka seminggu itu artikel anda yang tadinya setiap hari mendapatkan lima ratus sampai seribu penjung akan merosot. Itu pun juga artikel anda sudah melebihi dari dua ratus lebih.

Misalkan, sehari saja anda mengganti tata letak, akan menurunkan kualitas SEO. Anda tahu, dalam mengganti template bukan hanya cukup dengan waktu satu, atau dua hari, bahkan seminggu ?. Ditambah dengan template yang tidak support kualitas SEO di blog. Seperti lambat dalam memuat blog pada gadget atau PC, tidak responsive, dan tidak mobile friendly.

So, apakah anda yakin ingin mengubah tampilan template blog anda ?. Jika iya, maka anda harus siap mental dalam resiko yang diterima.

Sampai disini saja penjelasan dari saya. Semoga bermanfaat bagi anda yang masih pemula dalam blog terutama blog blogger. Jika ingin membagikan tulisan ini kepada teman-teman untuk berbagi, silahkan pastekan di status facebook anda, atau klik tombol sosial media dibawah ini.


No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.