7 Cara Untuk Mengoptimalkan Komputer Atau Leptop


Jika kita mempunyai perangkat Komputer atau Leptop sendiri di rumah, pernahkah kita sering atau kadang mengalami gangguan seperti loading yang lama, macet, ngehang sendiri, dan lain sebagainya. Sebagian orang lain tahu penyebabnya, namun sebagian dari orang pun tahu penyebabnya, yaitu tiada lain karena Komputer kita sudah terinfeksi oleh virus atau karena disebabkan oleh file-file sampah dari aplikasi-aplikasi yang sudah dan sering kita gunakan.
Optimalkan Komputer Agar Tidak Lemot

Selain disebabkan oleh virus atau file sampah dari software yang sering kita gunakan, terlalu banyak memodifikasi segala tampilan pada OS seperti Windows juga akan menyebabkan terjadinya lelet karena dapat memberatkan kinerja PC saat kita gunakan.

Banyak cara untuk mengoptimalkan PC kita, akan tetapi saya akan membagikan pengalaman saya sendiri untuk mengatasi masalah perangkat Komputer anda di rumah. Salah satu caranya adalah gunakan aplikasi pembersih virus dan file-file sampah, juga jangan memodifikasi terlalu berlebihan pada tampilan OS komputer anda. Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak penjelasan di bawah ini tentang semua cara yang pernah saya lakukan pada PC saya pribadi setiap hari.


Cara Mengoptimalkan Komputer Atau Leptop

Install Driver Komputer

Lakukan pemasangan terhadap semua driver leptop atau komputer anda. Setidaknya pasang driver yang harus diwajibkan untuk Sistem Operasi Windows Komputer anda. Seperti Intel HD Grapichs/ nVidia GForce (Tampilan Layar VGA/Display), Driver Wifi/ LAN/ Bluetooth, Driver Audio, Driver TouchPad, Driver Chipset, dan Driver-driver lainnya seperti kamera jika komputer anda menggunakan kamera.


Install Software Pembersih Virus dan File Sampah

Cara ini memang tergolong sangat wajib kita lakukan, karena dengan memasang dan memakai software Anti Virus sangatlah berguna untuk menghindari resiko dari serangan virus-virus berbahaya yang datang dari Flash Disk, atau virus yang datang dari internet saat kita melakukan browsing dan melakukan download. Antivirus gratisan yang sering saya gunakan dan menurut saya bagus untuk PC saya sendiri adalah Avira Free Antivirus.

Dan wajib juga untuk menggunakan software pembersih file-file sampah, berguna untuk menghapus segala log-log file dari semua aktifitas software yang telah kita gunakan. Berguna juga untuk menghapus otomatis file-file cache dan riwayat url pada aplikasi browser juga aplikasi lainnya. Yang saya percayai pada aplikasi untuk menghapus file sampah adalah software CCleaner.


Jangan Dan Hapus Aplikasi Yang Tidak Berguna

Seperti yang saya katakan tadi pada awal pembahasan di atas. Gunakanlah aplikasi-aplikasi yang sewajarnya, jangan memodifikasi tampilan-tampilan layar pada OS Komputer, pasang aplikasi-aplikasi yang sering kita gunakan saja, dan hapuslah aplikasi yang tidak perlu juga tidak kita gunakan.


Menggunakan Software REVO Uninstaller

Jika anda ingin menghapus software pada perangkat kompter anda, seperti yang sebelumnya saya katakan, jika ada software yang tidak berguna, lalu anda ingin menghapusnya, silahkan gunakan Software Revo Uninstaller untuk menghapus aplikasi tersebut. Kelebihan dari Revo ialah, ia bisa menghapus aplikasi yang kita hapus dengan segala file-file registry atau bisa disebut bisa menghapus sampai ke akar-akarnya.


Update Sistem Operasi Windows Dan Antivirus Secara Berkala

OS Windows adalah software Sistem Operasi dari layanan yang disediakan oleh Microsoft. Layanan ini selalu menyediakan update'an terbarunya secara berkala pada OS dan keamanannya. Juga berguna untuk memperbaiki kesalahan pada file OS, seperti memperbaiki bug, stabilitas, dan fungsionaliasnya.

Juga update Software Antivirus anda secara rutin, agar anda mendapatkan update'an terbarunya dari nama-nama virus yang berkembang setiap waktu. Dan memperbaiki kesalahan-kesalahan pada aplikasi antivirus itu sendiri untuk mengoptimalkan serta untuk memperbaiki kinerja antivirus itu sendiri.


Bersihkan Local Disk Secara Rutin

Membersihkan local disk komputer secara rutin memang tergolong sangat wajib. Setidaknya lakukan pembersihan satu minggu atau satu bulan sekali. Karena dengan membersihkan local disk secara rutin dapat mencegah dari erornya disk dan file-file windows. Untuk melakukannya anda tinggal masuk ke File Explorer, klik kanan pada local disk C/D, pilih Properties, klik Tool pada tab di atas, lalu klik Check pada Error Checking, dan klik Optimize untuk mendefrag drive.


Jangan Simpan File Pribadi di Local Disk Sistem

Bagi orang awam, hal ini memang sering melakukan penyimpanan file-file pribadi, seperti foto, video, file software, dan lain-lain di local disk sistem. Local disk sistem itu sendiri adalah tempat penyimpanan file-file installan semua aplikasi-aplikasi yang terpasang termasuk file windows. Jika local disk tersebut hampir penuh, hal itu akan memberatkan kinerja komputer kita.

Dengan menyimpan file-file penting atau pribadi kita pada local disk tersebut juga mengandung resiko, salah satunya adalah jika komputer kita error pada OS nya, maka salah satu jalan akhir adalah menginstall ulang Windows. Dengan menginstall ulang OS untuk lebih optimal ialah menghapus dan membuat ulang local disk sistem baru. Jika kita menggunakan locak disk sistem untuk menyimpan segala file-file pribadi kita, tentu file tersebut akan terhapus sia-sia. Maka dari itu jangan menyimpan setiap file-file pribadi kita di local disk sistem.

Pada kesimpulannya, untuk mengoptimalkan komputer leptop pribadi kita adalah bersihkan cache file-file sampah pada aplikasi, dan bersihkanlah pc dari virus-virus komputer. Jangan menggunakan aplikasi modifikasi tampilan windows, bersihkan browser kita setelah selesai, defrag secara berkala pada local disk komputer.


No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.