Cara Agar Blog Disukai Mesin Pencari Google


Google adalah mesin pencari yang sangat populer dan sering digunakan bagi para pengguna mesin telusur situs. Meskipun begitu banyak layanan-layanan mesin pencari selain google, para blogger selalu ingin menargetkan situs mereka dengan kata kunci yang selalu terindex oleh mesin pencari yang satu ini.

Agar Situs Blog Disukai Google

Mesin pencari yang satu ini sudah memecah keberhasilan suatu komunitas masyarakat, dimana masyarakat semuanya hanya tertuju pada google untuk memudahkan mereka dalam mencari segala informasi-informasi yang dicari.

Untuk bersaing dalam kata kunci bukanlah suatu hal yang mudah. Meski adanya situs yang mempunyai seratus sampai satu juta halaman artikel, 10 atau 20 halaman postingan artikel yang memungkinkan bisa tampil pada halaman pertama google. Jadi, bagaimana caranya agar blog kita selalu muncul di halaman pertama mesin pencari yang satu ini ?. Saya juga masih dalam tahap pembelajaran, dan disini mungkin saya hanya menerangkan beberapa kriteria umum bagi blog yang disukai oleh google.

Dasar dari cara agar blog disukai oleh google, tentu sangatlah simpel dan mudah untuk kita lakukan. Asalkan kita harus rajin dan semangat dalam melakukan kriteria dasar ini. Tidak harus menggunakan cara-cara yang curang, dan melakukan tekhnik-tekhnik SEO yang ribet-ribet. Bahkan kita repot-repot melakukan tekhnik SEO yang berbayar di layanan SEO. Lalu bagaimana caranya ?, silahkan simak beberapa kriteria blog yang sangat dikagumi oleh bapak Google.


Kriteria Blog Yang Disenangi Google

Blog Berdomain Berbayar

Cara ini adalah blog anda harus mempunyai domain khusus, dengan kata lain anda harus mengganti domain blog gratisan anda (namadomain.blogspot.com) dengan domain berbayar yaitu TLD "Top Level Domain" (namablog.com). Meskipun google menyukai situs blog yang berdomain khusus TLD, bukan berarti google juga tidak menyukai blog berdomain gratisan.

Alasan kenapa google sangat menyukai situs berdomain khusus, jawabannya sangat simpel. Hal apapun dan dimanapun, yang namanya berbayar pastinya akan sangat didahulukan. Akan tetapi bukan berarti dengan mempunyai domain gratisan situs blog kita tidak ada kesempatan untuk tampil di halaman pertama google. Jadi apa yang harus kita lakukan ?, silahkan lanjutkan membaca artikel sampai akhir !.

Blog Yang Sering Update

Mempunyai situs blog tidak perlu melakukan tekhnik-tekhnik SEO atau mempunyai domain yang berbayar. Jika kita ingin blog kita disukai mesin telusur populer ini, tentunya kita harus sering melakukan update setiap harinya. Ibaratnya, jika anda mempunyai akun facebook, dan anda sering update setiap hari, status anda akan selalu muncul di halaman facebook teman anda dan merekapun akan selalu mengunjungi beranda facebook anda.

Sangat keliru bagi para blogger yang merasa sudah cukup dengan blog mereka yang mempunyai konten lebih dari seratus atau bahkan berjumlah ratusan posting di blog mereka. Mungkin benar, mungkin juga salah. Tapi, dapatkah blog kita bisa menyaingi blog atau situs lain yang mempunyai informasi lebih dari blog anda, dan mereka setiap harinya melakukan update, ditambah dengan situs mereka yang mempunyai domain berbayar juga selalu update setiap harinya ?. Dengan kata lain, jika kita merasa sudah cukup untuk melakukan sesuatu hal yang biasa saja, tidak mau berkembang, maka kita akan tertinggal sama orang lain.

Umur Dan Konten Yang Banyak

Google tidak seperti para lelaki yang menyukai bunga muda, dia sangatlah berbeda. Sebaliknya, google sangat menyukai bunga tua yang selalu tumbuh dan tumbuh sampai tangkai bunga itu merunduk kebawah karena bunga tersebut sudah berkembang banyak. Seperti halnya situs blog kita, dengan semakin tuanya blog kita, akan semakin banyak pula postingan artikel yang sering kita update setiap hari. Semakin banyaknya konten yang ada pada blog kita, semakin mudahnya kata kunci yang selalu dicari oleh pengguna mesin pencari. Dan semakin tua dan banyaknya konten dari blog tersebut, akan semakin tidak asing bagi google untuk mengindex kata kunci yang ada pada halaman situs tersebut. Dari situ google sangat menyukai blog tua juga mempunyai konten yang banyak.

Konten Blog Yang Berkualitas

Selain dari blog berumur tua dan kontennya banyak, dari banyaknya konten yang ada pada blog, konten tersebut juga harus berkualitas. Google sangat teliti dalam memilah milih konten mana yang berkualitas pada blog kita.

Di antara konten yang tidak berkualitas adalah konten yang hasil dari jiplakan karya orang lain (copy paste). Sebaliknya, konten yang berkualitas adalah konten yang hasil dari karangan kita sendiri. Minimal jika kita tidak bisa mengarang, kita hanya perlu bisa mencari dari situs lain, memahaminya, dan merubah susunan kalimatnya dengan topik yang mengarah hal yang sama. Asalkan jangan copy paste mentah-mentah, hal itu akan membuat dampak reputasi buruk bagi situs anda sendiri.

Blog Yang Fokus Pada Kontennya

Memang pada dasarnya sangat langka sekali bagi situs blog untuk bersaing dengan situs-situs blog lainnya. Apa lagi blog kita gado-gado, posting itulah, bahas inilah, alias campur adik dan tidak fokus terhadap tema utama blog. Jadi buatlah blog anda khusus dalam membahas tofik dengan tema utama. Tentunya google akan kebingungan terhadap blog yang membahas topik yang tidak beraturan.

Intinya, jika kita punya blog yang membahas topik yang khusus, misal topiknya tentang spesifikasi harga hp dan tips android, google akan memberi tanda bahwa situs tersebut selalu membahas masalah android masalah harga dan spesifikasi smartphone.

Backlink Yang Baik

Sebelum adanya perbaikan mesin telusur google, para blogger sangat tergila-gila dengan backlink, sampai-sampai mereka membuat halaman khusus untuk para pengguna blog lain berminat menaruh link atau saling bertukar link pada halaman blog mereka. Sampai google dan situs blogger pun mengubah kebijakannya. Jika melanggar, google akan menaruh blog tersebut keadalam spam.

Buatlah blog yang seadanya, jangan membabi buta membagikan link atau menaruh link pada saat berkomentar di blog lain. Teruslah update dengan konten anda yang berkualitas, jika ada orang lain yang berminat dengan konten anda, tentu mereka akan senang hati membagikannya ke media sosial atau bahkan di blog pribadi mereka sendiri.

Bernavigasi Yang Baik Dan Tampilan Standar

Ngomong-ngomgong soal navigasi dan tampilan, saya mau bertanya kepada anda. Apakah anda pernah gagal dalam melakukan pengajuan ke Google Adsense ?. Pernah anda membaca salah satu syarat diterimanya google ads adalah mempunyai situs yang bernavigasi yang jelas ?. Bagi yang pernah pasti tahu, dan yang belum maka pelajari terlebih dahulu sebelum memonetisasi blog ke ads google.

Yang dimaksud dengan navigasi blog yang baik adalah blog yang mempunyai menu navigasi yang jelas, yang berguna untuk pengunjung mengakses semua halaman yang ada pada blog anda. Agar pengunjung tidak bingung dalam mencari konten yang dibutuhkan di blog anda.

Selain navigasi, pada tampilan blog juga harus memungkinkan. Memungkinkan yang dimaksud adalah jika pengunjung mengunjungi situs anda, situs anda dimuat dengan tidak memakan waktu yang lama, alias loading yang cepat. Untuk itu saya sarankan jika anda baru membuat blog, buatlah dengan tampilan template yang sederhana saja. Selain dari tampilan sederhana, buat blog yang mendukung dengan smartphone mereka, yakni blog ber-template Responsive. Google juga sangat menyukai blog yang sudah mobile friendly (responsive).


No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.