Cara Buat USB Bootable Windows Tanpa Software


Bagi kamu yang tidak mempunyai CD installan Windows, ingin membeli cuman tidak punya uang atau tanggung. Atau juga bila kamu mempunyai netbook yang tidak mendukung DVD-ROM, tentu cara ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu lakukan.
Buat USB Bootable Windows

Banyak cara untuk membuat flash disk kita untuk dijadikan installan OS Windows, salah satunya adalah diharuskan bagi kita untuk menggunakan software tambahan untuk membuatnya. Memang cara tersebut sangat mudah, hanya saja saya akan membagikan cara yang berbeda, yaitu membuat flash disk bootable windows menggunakan CMD. Tutorial ini tidak mengharuskan anda untuk menggunakan software apapun, lumayan rumit, cuman kalau sudah terbiasa akan mudah dilakukan. Bagaimana caranya ?, yaitu sebagai berikut :


Membuat Flash Disk Jadi Installan Windows

Hal yang harus dilakukan untuk membuat USB Bootable, pertama-tama kita siapkan Flash Disk kosong. Jika ada datanya, silahkan backup terlebih dahulu ke memori atau disk lain. Setelah itu masukan flash disk anda ke perangkat komputer anda. Tekan Win+R (untuk lebih cepat mengaksesenya). Lalu ketikan diskpart, kemudian tekan Enter.

USB Bootable

Setelah muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, ketikan list disk dan Enter.

USB Bootable WIndows

Dan akan muncul semua disk (memori penyimpanan) pada komputer kamu. Cari disk flash disk kamu, cirinya pada ukuran/ size ruang penyimpanan flash disk kamu. Rata-rata flash disk yang kita gunakan memiliki 4 (4000 MB) sampai 8 GB (8000 MB). Jika ruang penyimampanan flash disk kamu 4 GB, maka disana akan terlihat kurang dari 4000 MB. Dari sini saya akan memilih disk nomor 3. Maka saya ketikan "select disk 3", kemudian Enter.

USB Bootable WIndows

Lalu ketikan "clean" untuk menghapus segala file system, partisi, atau data yang tersimpan di flask disk kita. Enter, jika proses tersebut tidak berhasil, yang muncul "eror", ketikan "clean" kemudian enter lagi sampai berhasil (Diskpart succeeded in cleaning the disk).

USB Bootable WIndows

Buatlah sebuah partisi dengan perintah "create partition primary", dan tekan Enter. Pastikan langkah ini juga berhasil (Diskpart succeeded in creating the specified partition). Aktifkanlah partisi yang sudah kita buat dengan mengetik sebuah perintah "active", dan Enter. Pastikan perintah pada langkah ini juga berhasil.

USB Bootable WIndows Installan
Langkah selanjutnya kita tinggal buat sebuah format pada partisi flash disk kita dengan mengetikan sebuah perintah "format fs=fat32 label=installan windows", dan Enter. Pada bagian label, isikan sesuka hati anda, karena perintah tersebut gunannya untuk membuat nama flash disk anda. Pada langkah ini akan memakan waktu yang cukup lama, tunggu proses selesai saja. Jika sudah selesai, proses tersebut menunjukan 100 % persen.

USB Bootable WIndows Installan

Dan langkah akhir ketikan "close", dan Enter. Setelah itu, keluar dari CMD. Pindahkan semua file installan windows anda ke flash disk seperti pada gambar di bawah ini. Lihat pada icon flash disk di file explore komputer anda pasti sudah berubah.

Flash Disk Installan Windows

Demikian adalah Cara Membuat USB Flash Disk Bootable Windows Tanpa Menggunakan Software apapun. Semoga bermanfaat !.

No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.