Cara meningkatkan Kinerja RAM Dengan Flash Disk Dan Virtual Memory


Sangat penting sekali jika kita menggunakan dan menjalankan semua aplikasi yang ada pada komputer, tentu pasti ada kaitanya dengan RAM (Random Access Memory). Kegunaan RAM tersebut adalah untuk menyimpan segala file-file aplikasi pada saat dijalankan untuk sementara. Jika kita membuka aplikasi MS Word, dan kita mengetik disana sebelum kita menyimpan pada hard disk, data yang kita itu akan tersimpan pada RAM, hanya saja bersifat sementara.
Meningkatkan RAM di Komputer

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara menambah atau meng-upgrade RAM komputer dengan Flash Disk, dan Virtual Memory. Selain cara ini juga ada, namun anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, dan hasilnya juga lebih maksimal dibanding dengan tutorial di bawah ini. Namun jika anda tidak mau mengeluarkan biaya apapun, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Tutorial disini bisa digunakan untuk Sistem Operasi Windows 7, Windows 8 atau 8.1, dan Windows 10. Karena saya menggunakan Komputer yang menggunakan OS Windows 10, maka saya akan menjelaskan pada Windows versi tersebut.


Tutorial Cara Meningkatkan RAM pada Komputer

Dengan Flash Disk

Flash disk adalah suatu perangkat yang bisa dapat digunakan untuk menyimpan data-data secara permanen. Perangkat penyimpanan ini lebih sederhana, dan penyimpanannya lebih kecil ketimbang dengan penyimpanan pada Hard Disk.

Namun, dengan menggunakan fitur dari Readyboost, Flash Disk juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja RAM pada Komputer atau Leptop kita. Ingin mencobanya ?, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini !.

Pertama-tama masukan terlebih dahulu flash disk anda ke komputer. Setelah terdeteksi oleh komputer anda, silahkan klik kanan dan tekan properties. Ingat, status file sistem pada flash disk harus sudah diubah menjadi NTFS dan juga flash disk anda harus kosong, tidak ada data apapun. Jika belum, formatlah terlebih dahulu dan pilih NTFS sebagai file sistemnya.

Lalu, pada properties, klik tab Readyboost, centang Dedicate this device to Readyboost. Pada "Space to reserve for system speed", naikan ke maksimal, dan tekan apply, lalu ok.

Tambah RAM dengan Flash Disk


Menggunakan Cara Virtual Memory

Cara ini adalah kita menambahkan menggunakan kapasitas memori pada hard disk. Ingin tahu caranya, silahkan simak tutorial di bawah ini !.

Hidupkan komputer anda, jika sudah silahkan masuk pada File Explore. Setelah itu, klik kanan pada This PC, dan klik Properties. Dan klik pada menu Advanced System Setting. Pilih setting, klik pada tab Advanced, lalu tekan Change.

Upgrade RAM dengan Virtual Memory

Terakhir, hilangkah centang pada "Automatically manage paging file size for all driver. Lalu sesuaikan pengaturannya seperti pada gambar di bawah ini saja.

Upgrade RAM dengan Virtual Memory

Namun kekurangan dari besar kecil yang anda ubah pada pengaturan tesebut, tidak ada kemungkinan untuk kinerja komputer menjadi lebih cepat, normal dan hanya sedikit kemungkinan menambah kinerja RAM pada komputer anda.

Untuk cara ini memang ketimbang kurang rekomendasi bagi saya, karena menggunakan cara ini akan mengganggu kinerja pada hardisk komputer kita. Sementara bagi saya merekomendasikan untuk anda menggunakan cara yang pertama, karena tidak akan mengganggu kinerja pada hardisk PC komputer anda.

Silahkan dicoba, semoga berhasil dan bermanfaat.


No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.