Tiga Hal Yang Perlu Dilakukan Agar Blog Anda Tampil Profesional


Banyak para blogger yang mempunyai tampilan blognya ingin terlihat lebih baik dibanding dengan blog-blog lainnya. Dengan tampilan yang menarik, kebanyakan para blogger mementingkan tampilan-tampilan yang dapat memberatkan pemuatan halaman blognya sendiri. Ada juga yang tampilannya sederhana dan namun tata letak dan isi semua kontennya tidak beraturan, sehingga membuat para pengunjung kebingungan dalam menggunakannya.

Agar Blog Tampil Profesional

Seperti contoh jika anda mengunjungi situs dari handphone android pribadi anda, baru saja mengunjungi situs tersebut, lalu anda ingin menggulirkan bacaannya kebawah, malah ada iklan pop-up yang muncul secara tiba-tiba ketika anda menggulirkan kebawah atau ke atas, ada juga ketika kita ingin mengeklik link dari url situs tersebut yang muncul malah iklan pop-up.


Yang Perlu di Perhatikan Agar Blog Tampil Profesional

Hal yang perlu diperhatikan adalah buatlah tampilan blog secara sederhana. Lalu tambahkan menu-menu navigasi secara jelas agar para pengunjung tidak bingung untuk menavigasi blog anda. Tambahkan pula menu penunjang situs atau blog seperti "tentang blog, hubungi penulis, privacy atau Tos, Disclaimers, dan daftar isi" dari blog tersebut.

Pilihlah tampilan template yang sederhana seperti yang saya katakan tadi, dan jangan lupa untuk memilih template yang sudah mendukung mobile friendly yaitu sudah responsive. Dengan template yang responsive, blog anda tentu sudah mendukung kriteria blog yang profesional, lalu ditambah dengan tampilan blog yang sederhana agar pemuatan blog lebih cepat, berguna agar para pengguna lebih nyaman mengunjungi situs anda.

Jika anda masih dalam tahap pemula di blogger, anda tidak perlu susah payah dalam membuat template yang saya sebutkan tadi. Cari saja di situs lain yang menyediakan template secara gratis, anda bebas mengunduhnya secara bebas. Cari template yang sederhana, usahakan tampilan warnanya kebanyakan warna putih, responsive, dan SEO friendly.
Baca : Lakukan Beberapa Modal Dasar Sukses Blogging
Lalu bagaimana cara menggunakan template yang sudah kita download ?, di bawah ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya mengunggah template yang kita download ke blog pribadi kita.
  • Buka blog anda dari situs blogger.com.
  • Lalu pilih menu Tema yang berada pada bagian kiri.
  • Lihat menu pada bilah kanan atas, klik Backup/Pulihkan.
  • Klik Pilih File, cari file template yang sudah anda unduh tadi, klik dua kali untuk memilih dan Upload. Selesai...
Selain itu, dinilai dari isi konten dan kosa kata bahasa indonesia dalam penulisan artikel juga harus jelas dan baik. Beri sub-sub judul setiap isi konten, agar pengunjung dapat membedakan bagian-bagian isi dari konten tersebut. Juga tetaplah teratur pada isi topik konten artikel, agar pengunjung dapat membedakan kapan dimulainya isi konten tersebut, inti topik yang dibahas, dan akhir dari pembahasan konten tersebut (penutup).


2 comments:

  1. Artikel yang menarik, selain template ada juga cara supaya terlihat profesional, yaitu mengurangi bahkan menghilangkan jenis iklan Pop up. Saya pikir itu sangat tepat dan sesuai dengan uraian di atas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimalasih sahabat blogger atas masukannya. Sangat bermanfaat, sukses selalu kawan.

      Delete

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.