Apa Macam Manfaat Jaringan Komputer Dan Pengertiannya


Apa sih jaringan komputer dan apa macam-macamnya ?. Buat anda yang sedang mengerjakan tugas atau kebutuhan perkuliahan atau sekolah, artikel ini sangat berguna sekali. Silahkan simak dan rangkum seperlunya dan jangan lupa cantumkan link sumbernya.

Banyak orang yang tahu tentang jaringan komputer, dan banyak pula orang yang awam juga tidak tahu mengenai jaringan komputer apa lagi menyebutkan macam-macamnya. Bagi kalangan yang setiap harinya bekerja di bagian komputer atau IT, dan yang menyangkut paut dengan komputer, tentu hal ini sudah tidak asing lagi. Jadi apa itu Pengertian Jaringan Komputer ?, Apa Macam-Macam Jaringan Komputer ?. Simak penjelasan singkat di bawah ini !.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah rangkaian sebuah sistem telekomunikasi yang terdiri dari dua komputer atau bahkan lebih, saling menghubungkan satu sama lain untuk melakukan komunikasi, saling bertukar data, atau berbagi perangkat keras komputer.

Tujuannya adalah dari setiap bagian-bagian jaringan komputer dapat meminta, mengirim dengan berbagi dan saling memberikan layanan service.

Jaringan Komputer adalah dua buah komputer atau lebih dan masing-masingnya memiliki kartu jaringan, lalu dihubungkan melalui nirkabel sebagai medium transmisi data, dan pada perangkat lunak sistem operasi jaringan, maka terbangunlah jaringan komputer yang sederhana.

Manfaat/ Kegunaan dari Jaringan Komputer

Untuk masalah kegunaan atau manfaatnya, ada banyak sekali kegunaan dari Jaringan Komputer, yaitu adalah :

  • Bisa mengakses seluruh file yang kita miliki dan milik orang lain yang sudah disebar luaskan dalam satu jaringan.
  • Dapat mengirimkan atau menerima data kepada yang lain secara cepat dan tepat, ke tempat terjauh berbeda negara maupun berbagai kota dengan mudah.
  • Dapat mengakses segala informasi atau berita secara tepat dan cepat melalui internet. Internet merupakan salah satu jaringan komputer.
  • Juga seperti di warnet, dari banyaknya komputer pada warnet tersebut, kita tidak perlu memberikan printer pada setiap komputer, dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses satu printer tersebut.

Macam-Macam Jaringan Komputer

Membicarakan mengenai macam-macamnya, jaringan komputer pada umumnya memiliki lima macam Jaringan Komputer. Menurut jangkauan dapat di alokasikan berdasarkan Geografis, Transmisi Data, Peranan dan Hubungan Setiap Komputer, Distribusi Sumber Informasi Data, dan Topologi Jaringan. Berikut penjelasan dari setiap macam-macamnya di bawah ini, yaitu :


Geografis

Geografis


LAN : adalah singkatan dari Local Area Network, jaringan yang mempunyai jangkauan kecil mencakup tidak lebih dari 1 KM persegi, berteknologi IEEE802,3 Ethernet. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan teknologi nirkabel, yaitu Wifi juga jaringan LAN. Kecepatannya sampai 10, 100 dan 1000 MB/s, digunakan seperti pada perkantoran, sekolahan, dan warnet.

MAN : singkatan dari Metropolitan Area Network, adalah jaringan yang mencakup satu kota dengan kecepatan transper data yang tinggi. MAN bisa menjangkau sampai 50 KM.

WAN : adalah kata lain dari Wide Area Network yang merupakan jaringan yang mencakup satu negara atau bahkan benua.

Transmisi Data

Transmisi Data

Wireless Network : adalah jaringan yang menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi data, dan tidak bergantung dengan nirkabel untuk saling mengirim informasi atau data.

Wired Network : yaitu jaringan yang bergantung pada kabel atau nirkabel, untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya. Dengan saling terhubung antara satu dengan yang lain, kita bisa saling bertukar informasi atau data.


Peran Dan Hubungan Setiap Komputer

Peran Dan Hubungan Setiap Komputer

Client Server : yaitu jaringan yang terdiri dari satu atau lebih komputer server dan client untuk bertukar data informasi, yang mana komputer server bertugas untuk menyediakan sumber dari data dan client hanya bisa menggunakan data dari server.

Peer to Peer : adalah jaringan yang terdiri dari komputer server dan client, yang pada keduanya mempunyai tugas atau kedudukan yang sama.


Distribusi Sumber Informasi Data

Distribusi Sumber Informasi Data

Jaringan Terpusat : jaringan ini terdiri dari komputer server dan client. Clent hanya mempunyai tugas sebagai pelantara untuk mengakses sumber data informasi yang berada di server.

Jaringan Terdistribusi : jaringan yang mempunyai kedudukan yang sama pada komputer server dan client, keduanya bisa saling menghubungkan satu sama lain sehingga membentuk satu sistem jaringan tertentu.


Topologi Jaringan

Topologi Jaringan

Jaringan ini merupakan adalah suatu bentuk dari jaringan yang saling menghubungkan satu sama lainnnya. Di bawah ini adalah jenis-jenis dari Topologi Jaringan, adalah sabagai berikut :

Topologi Bus : adalah jaringan topologi yang terbilang sederhana dari yang lainnya, dan hanya digunakan untuk instalasi jaringan fiber optic, bisa digabungkan dengan topologi star berguna untuk menghubungkan suatu client atau node.

Topologi Star : jaringan ini merupakan salah satu jenis dari Topologi Jaringan, menggunakan switch dan hub untuk menghubungkan satu sama lain dari client ke yang lain.

Topologi Ring : jaringan ini bisa disebut dengan Topologi Cincin. Jaringan ini dapat menghubungkan satu sama lain melalui LAN Card dalam satu rangkaian berbentuk melingkar seperti cincin atau Ring.

Topologi Mesh : Mesh adalah jaringan yang menghubungkan komputer satu ke yang lain dalam bentuk pararel, atau saling menghubungkan komputer satu ke komputer yang lain. Tipe ini bisa saling membackup data atau menyimpan terlebih dahulu data dari komputer lain jika komputer lain tersebut mengalami masalah.

Topologi Peer to Peer : adalah jaringan yang hanya ada pada dua komputer saling terhubung dengan menggunakan kabel.

Topologi Liner : jaringan ini adalah tipe jaringan yang menghubungkan komputer satu ke komputer yang lain secara beruntun atau berurutan, dan dihubungkan pada satu titik komputer ke titik yang lain dengan satu kabel utama.

Topologi Tree : adalah kata lain dari topologi pohon, seperti namanya, topologi ini berbentu seperti akar pohon dengan satu batang tubuh pohon. Topologi ini adalah gabungan dari topologi star dan bus berguna untuk interkoneksi antara sentral dengan hirarki yang berbeda.

Topolgi Hybrid : topologi  ini adalah gabungan dari berbagai bentuk semua topologi. Secara jelasnya, jika topologi star, topologi Tree, dan yang lain digabungkan, maka disitulah topologi ini disebut dengan Hybrid.


No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.