Dampak Negatif MengeRoot Smartphone Android


Kebanyakan semua dari kamu sudah mengetahui tenang Root Android. Root Android memang suatu hal yang mudah-mudah gampang. Kebanyakan mereka yang mengeRoot Android mereka hanya sekedar mendapatkan keuntungannya. Akan tetapi asal kita tahu, dengan melakukan Root pada android kita lebih banyak kerugiannya dibanding keuntungannya.

Buruknya Rooting Pada Android

Mereka yang selalu melakukan Root pada androidnya sendiri adalah suatu hal wajib dan menjadi kebutuhan untuk smartphone mereka, lantaran mereka jika tidak melakukan pengeRoot'an pada smartphonenya, hp mereka tidak bisa ngapa-ngapain istilahnya.

Faktor mereka yang sering Root android mereka sendiri adalah karena masalah spesifikasi handphone mereka tidak mempuni untuk bermian game, atau ingin mendapatkan tampilan yang lebih bagus dari yang standarnya, atau juga ingin menambahkan kapasitas memori RAM dan internal agar handphone mereka bisa digunakan dengan lancar untuk bermain game, memasang costum room yang lebih bagus menarik dan juga sebagainya.

Bagi saya pribadi, selama ini tidak pernah melakukan Root pada Android saya sendiri. Atau mungkin saya memang tidak mempunyai keinginan untuk melakukan Root, lantaran menurut saya pribadi, jika saya melakukan root, handphone saya mendapatkan lebih banyak kerugianya dibanding keuntungannya. Meskipun handphone android saya ini specknya masih banyak kekurangan, RAM berkapasitas 1.5 GB, internal 8 GB, yang menjadi kendala jika saya bermain game-game bergrafik tinggi, dan kendala jika ingin menginstall banyak aplikasi.

User Android adalah sama seperti Sistem Operasi berbasis Linux, karena mereka juga mempunyai user yang mempunyai dua jenis. Dua jenis tersebut adalah User dan Super User. Dan jika kita melakukan Root android, dari status privilege pengguna user dinaikan menjadi super user. Dari super user kita bisa melakukan apa saja pada smartphone android kita.

Demikian keuntungannya, tetapi bukan berarti dari keutungan tersebut juga tidak mengandung resiko. Asal kamu tahu, dari semua keuntungan tersebut juga mempunyai banyak dampak buruk bagi handphone kita. Ingin tahu apa saja yang menjadi dampak buruk Root Android kita sendiri ?, silahkan terus simak artikel di bawah ini !.


Kekurangan ROOT Smartphone Android

Garansi Bawaan Pabrik Hilang

Inti dari Root pada android adalah menghilangkan seluruh keaslian atau standar OS dari Pabrik. Tentu sudah pasti dengan melakukan Root, garansi pabrik pasti hilang. Jika kita sudah melakukan root pada hp android kita, terus kita mempunyai kendala, misal layar atau blank pada android kita, kita ingin menyervice ke service center resminya, service center pasti tidak akan mau menerimanya.

Tidak Bisa Mendapatkan Update Resmi Pada OS Android

Menurut saya kerugian yang satu ini adalah kerugian yang sangat berat. Karena jika kita sudah melakukan rooting pada android kita, kita tidak akan mendapatkan update'an sistem operasi resmi dari produsen smartphone tersebut. Terutama produsen-produsen besar seperti Samsung, Asus, dan lain-lain. Jika kita ingin mengupdate os android ke versi yang paling atas dari sebelumnya, ya kita harus bergantung pada pembuat costum room smartphone kita sendiri.

Gampang Terjangkit Virus

Salah satu dari yang lebih bahaya adalah masalah yang satu ini. Terutama bagi mereka yang selalu menggunakan smartphone android mereka untuk berbisnis, melakukan transaksi via internet. Dengan rooting, smartphone tersebut akan mengandung file virus malware dan virus lainnya. Akan mudah bagi mereka para hacker membobol mencuri kata sandi, dan melakukan pencurian data dan uang.

Sistem Operasi Akan Menjadi Tidak Stabil

Masalah ini bahwa ketika kita melakukan rooting, artinya sistem android kita berbasis costum room, semua costum room adalah merupakan suatu hal yang uji coba. Sekilas pada segi tampilan memang menarik dan cantik, tetapi dalamnya sangat kurang baik dan tidak stabil menurut standar bawaan pabrik.

Semua Fitur Tidak Bekerja Dengan Optimal

Dari kebanyakan semua pembuat costum room tidak tahu smartphone apa yang kita gunakan. Mereka tidak mementingkan standar dari fitur bawaan smartphone, dan hanya mengutamakan sisi tampilan dan lain-lain. Salah satu contoh jika kita melakukan rooting, bluetooth kamera dan lain-lain tidak bekerja dengan baik, wifi yang tidak bisa terkoneksi, dan masih banyak lagi masalah kendala yang ada. Jadi apakah mau anda ingin mengeRoot Android kita ?. Tolong pikir-pokir dahulu kawan !.

Saran saya jika kita ingin melakukan Rooting pada smartphone android, siapkan handphone yang hanya untuk sekedar uji coba, dan untuk bermain game misalnya. Bedakan dengan handphone pribadi yang suka digunakan untuk kepentingan bisnis. Tetapi anda harus siap jika suatu saat kita ingin menjualnya kembali kepada konsumen, harga smartphone anda akan anjlok kebawah.


No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.