Pengertian Komputer Dan Fungsinya


Tentu, bagi kamu yang sebagai pelajar maupun kamu yang sudah tidak awam tentang Komputer, sudah tidak asing lagi tentang kegunaanya. Namun kebanyakan dari kamu mungkin belum mengetahui Pengertian dari sebuah Komputer tersebut. Tetapi, paling tidak kamu mengetahui sebagian dari kegunaanya.

Pengertian Fungsi Komputer

Dan disini saya akan menerangkan tentang Pengertian Komputer beserta Kegunaanya secara singkat.

Apa itu Pengertian Komputer dan Apa Kegunaannya

Pengertian

Komputer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengolah sebuah data menurut prosedur yang telah ditentukan. Pada awalnya, sejak jaman dahulu kata dari "Computer" itu sendiri digunakan untuk seorang yang menggambarkan pekerja, yang melakukan perhitungan, penjumlahan, pengurangan, pengkalian, pembagian, dengan atau tanpa alat bantuan, secara matematis. Dari berbagai alat hitung seperti kalkulator, abakus, dan sampai sekarang ini yaitu "Komputer".

Komputer yang ada jaman sekarang ini, memang berbeda dengan komputer seperti pada jaman dahulu. Pada abad 19, kira-kira tahun 1830-han, seseorang yang diberi julukan "Bapak Komputer" bernama Charles Babbage menemukan sebuah konsep mekanika dari sebuah komputer.

Setelah Charles Babbage, pada tahun 1872, seseorang yang bernama Sir William Thomson menemukan penemuannya yaitu Komputer Analog pertama di dunia. Dan seiring waktu berjalan sampai pada tahun 1941, para pengembang akhirnya menemukan komputer berbasis digital komputer pertama. Karena komputer digital mempunyai kemampuan yang lebih tangguh dibanding dengan komputer analog, maka komputer analog menjadi tergeser.

Pada tahun 1936, Alan Turing menemukan prinsip dari komputer, yang menciptakan sebuah mesin sederhana, mampu menyelesaikan berbagai perhitungan dengan program yang mempunyai intruksi-intruksi tertentu, lalu disimpannya program tersebut disebuah memori.

Mengenai Pengertian Komputer, menurut etimologi memang dapat di artikan sebagai seseorang yang melakukan pekerjaan kalkulasi atau perhitungan, namun seiring berjalannya waktu ke waktu hingga kini, pengertian komputer mempunyai arti yang berbeda yaitu suatu alat yang berfungsi untuk melakukan semua pekerjaan-pekerjaan dalam bidang tertentu, menurut perintah-perintah yang ditentukan untuk melakukan operasi aritmatika secara otomatis. Dahulu memang komputer digunakan secara manual dan terbatas juga banyak kekurangan, namun pada jaman modern ini komputer sudah bisa digunakan secara mudah serta mempunyai banyak fungsi-fungsinya.


Komponen Utama Komputer

Tentang komponen utama pada komputer adalah prosesor, memori, motherboard, power supply, VGA, hardisk, CD-Room, monitor, juga casing. Menurut arsitektur komputer, dapat dibagi menjadi empat bagian utama yaitu, ALU, Unit Kontrol, Unit Input-Output, dan memori.

Mengenai 4 bagian utama tersebut, dapat dijelaskan sebagai berikut :
  • ALU adalah berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika dan logika, juga perbandingan.
  • Unit Kontrol berguna untuk mengontrol intruksi-intruksi dari program komputer.
  • Unit Input-Output berfungsi untuk mendapatkan data yang dibuat dari luar, dan memberikan hasil informasi ke luar, seperti misal dicetak menggunakan printer.
  • Dan Memori adalah berguna untuk menyimpan segala informasi atau data berupa file.

Fungsi Komputer

Fungsi dari sebuah komputer pada saat ini mempunyai banyak fungsi dan sangat beragam. Dari memudahkan kita untuk berkomunikasi, memudahkan pekerjaan kita, sebagai sarana alat untuk belajar, memudahkan dalam bisnis, atau sebagai hiburan seperti saat kita bermain game. Akan tetapi, komputer memang mempunyai 4 macam fungsi utama, yaitu :
  • Input, yaitu untuk menerima data atau informasi dari luar, seperti contohnya adalah perintah keyboard juga mouse.
  • Processing, untuk memproses semua data atau informasi yang sudah di input. Setelah itu data disimpan dalam memori, untuk dijadikan data yang akan di outputkan. Contohnya adalah jika kita sudah mengetikan makalah, dan disimpan, lalu kita cetak kedalam kertas menggunakan printer.
  • Output, adalah suatu data informasi yang sudah di proses, dan akan menghasilkan suatu output. Contoh lain adalah data yang tampil dimonitor, data yang dicetak diprinter, atau suara yang dihasilkan melalui speaker.
  • Storage, berguna untuk sebagai tempat penyimpanan segala macam data atau informasi yang tadinya kita input, lalu diproses, juga kita simpan kedalam memori.


No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.