Cara Melihat Pengunjung Blog Yang Sedang Aktif Dengan Analytics


Dibanding dengan statistik situs lain, sebenarnya penghitung jumlah pengunjung statistik blog ataupun website yang paling akurat dan baik adalah Google Analytics. Google Analytics merupakan suatu situs resmi google yang dapat anda manfaatkan sebagai penghitung statistik blog atau website yang akurat. Kegunaan Google Analytics sangat banyak dalam segi menghitung dan membandingkan jumlah pengunjung buat blog atau website anda.

Sebagian besar memang para blogger lebih memanfaatkan situs Google Analytics untuk penghitungan jumlah penjung website mereka. Namun ada juga mereka yang sudah mempunyai akun google analytics, mereka yang mungkin kurang tahu mengenai google analytics untuk melihat penjung yang aktif pada saat ini atau melihat penjung yang sedang berkunjung pada website pada jam saat itu, menggunakan widget amung, histats. Sebenarnya, menurut saya dengan menerapkan widget tersebut hanya digunakan sebagai pamer saja dan kerugiannya hanya akan memberatkan loading blog atau website anda sendiri.

Nah untuk itu marilah para sobat blog ciptakan suatu blog yang terlihat lebih sederhana, tampilan dan bacaan yang menarik, bacaan artikel berkualitas, loading blog ringan, dan utamakan setiap harinya luangkan waktu untuk memposting minimal 3 postingan agar blog anda menjadi terlihat aktif oleh mesin telusur favorite kita, yaitu google bro.hhehe, yah maksimalnya anda setiap harinya memposting 1 persatu pada setiap kategori (label) blog anda, agar pada setiap artikel yang dicantumkan dikategori (label) tersebut akan selalu terindek oleh google, itu tips saya.

Oh iya sobat, malah membahas mengarah ke SEO. Ok langsung saja ke pembahasan kali ini saya akan beri tahu yang belum tahu bagaimana cara melihat pengunjung yang aktif pada saat ini di situs google analytics.


Cara Melihat Kunjungan Aktif di Blog

1. Login ke situs google analytics, klik saja disini : Google Analytics
2. Klik Semua Data Situs Web

cara lihat penjung yang aktif saat ini

3. Kemudian tinggal lihat menu yang namanya Waktu-Nyata, klik Ikhtisiar untuk melihat detailnya si penjung yang aktif lokasinya dimana, seberapa waktu dia berkunjung, laman/ artikel mana yang sedang dikunjungi saat itu, dari situs apa artikel anda dirujukan untuk dikunjungi, dari situs sosial apa artikel anda di kunjungi, dan kata kunci apa yang digunakan pada mesin telusur sehingga artikel anda dikunjungi.

Contoh dari Google Analytics saya, ya walaupun penjung blog pribadi lama saya agak buruk jumlahnya, ya setidaknya saya memberi artikel ini kepada anda dengan lumayan bermanfaat. hheehe.

cara lihat penjung yang aktif saat ini
(gambar ini diambil dari blog lama pribadi penulis sendiri) : Google Analytics

Ok, sekarang anda sudah tahukan mengenai cara melihat penjung yang aktif pada saat ini. Saya sarankan anda harus menggunakan google analytics dengan sebaik mungkin, dan jangan terlalu menerapkan widget-widget statistik seperti histats dan amung. Tetapi kalau widget alexa mungkin boleh-boleh saja, tidak juga tidak apa-apa.

Sekian saja dari artikel saya sobat, semoga bermanfaat buat anda yang masih awam dalam blog. Sukses selalu ngeblognya sobat.

No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.