Sistem Operasi Microsoft Windows Dan Sejarahnya


Siapa yang tidak tahu tentang antar muka pada komputer atau leptop Microsoft Windows. Semua orang yang sudah tidak asing menggunakan komputer sehari-harinya akan tahu tentang Sistem Operasi yang satu ini. Memang kebanyakan kalangan masyarakat khususnya indonesia pada komputer mereka selalu menggunakan OS Windows. Seperti Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan alih-alih versi terbarunya Microsoft mengeluarkan Windows 10.

Sejarah OS Microsoft Windows


Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer yang sering dikenal dengan Windows, yang dikembangkan oleh Microsoft dengan antar muka yang berbasis Graphical User Interface (antar muka pengguna grafis).

Awal dari Sistem Operasi Windows adalah MS-DOS yang dikeluarkan pada tahun 1981 dibuat untuk sistem IBM PC yang saat itu Sistem Operasi Windows hanya berbasis command-line atau modul teks.


Windows 1.0

Pada tahun 1985 bulan November tanggal 20, OS Windows pertama kali merilis dengan versi Windows 1.0, dengan memiliki banyak kekurangan yang pernah dinamakan dengan "interface manager". Versi Windows pertama ini hanya memperluas kemampuan MS-DOS nya juga tambahan antarmuka grafis.


Windows 2.x dan Windows 2.1x, 2.03, 3.0

Kemudian disusul dengan versi Windows yang ke dua "Windows 2.x" pada tanggal 9 Desember 1987. Semenjak itu Windows lebih sedikit populer dari pada sebelumnya dikarenakan sudah memiliki fitur aplikasi grafis yaitu "Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows". Dan disambung dengan versi Windows 2.1x, versi 2.03, dan versi 3.0.

Kesuksesan Windows pada versi 3.0 pada tahun 1990, karena memiliki peningkatan kemampuan pada setiap aplikasi-aplikasi MS-DOS Windows secara bersamaan (multitasking). Didukung dengan fitur multimedia (Windows 3.0 with Multimedia Extensions 1.0). Kemudian disusul dengan versi Windows 3.1 pada tahun 1992 yang memiliki kelebihan lebih dari versi sebelumnya.


Windows NT

Merilis lagi versi Windows NT, yang menggunakan kernel hibrida yang sebelumnya hanya menggunakan kernel monolithic. Mendukung device drive, menjadi pilihan sempurna pada tahun 1993 bagi server jaringan lokal "LAN", dan menawarkan beberapa konektivitas jaringan luas juga sistem berkas NTFS yang efesien.


Windows 95

Pada tanggal 24 Agustus 1995, Windows merilis lagi dengan versi Windows 95 yang jauh lebih sempurna dibanding sebelumnya, karena ada dukungan USB. Dengan tampilan dalam modus 386 Enhanced, menggunakan virtual memori dan model pengalamatan memori flat 32-bit, menjadikan aplikasi Win32 mengalamatkan RAM sampai 2 GB, dan sisanya dicadangkan untuk sistem operasi. Setelah itu Windows merilis lagi dengan versi Windows NT 4.0, memiliki antarmuka yang sama, hanya saja menggunakan kernel sama dengan Windows NT agar lebih stabil.

Windows 95


Windows 98

Tahun 25 Juni 1998, Microsoft merilis lagi dengan OS yang barunya bernama Windows 98. Secara umum di anggap lebih stabil juga dapat diandalkan, tidak seperti pendahulunya. Dan disusul pada tahun 1999, merilis lagi bernama Windows 98 Second Edition, menawarkan banyak keunggulan atau peningkatan dibandingkan versi Windows 98.


Windows NT 5.0

Kemudian tanggal 17 Februari 2000 Microsoft Windows merilis versinya yang dikenal dengan Windows NT 5.0, menunjukan dua pangsa pasar yaitu pasar workstation dan pasar server. Memiliki fitur yang signifikan seperti adanya Active Directory untuk pengganti model jaringan NT domain, juga menggunakan teknologi yang lebih standar industri (Domain Name Server:NDS, Lightweight Directory Access Protocol:LDAP) dan Kerberos untuk menghubungkan antara mesin ke mesin yang lain.


Windows ME

Disambung dengan versi Windows ME (Windows Millennium Edition), untuk memperbaharui versi Windows 98 yang sudah mendukung multimedia dan jaringan internet. Ditambah dengan aplikasi-aplikasi seperti ada sekarang ini yaitu Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7.0 dan juga Microsoft DirectX 7.1.


Windows XP

Pada tahun 2001, Microsoft Windows merilis terbarunya dengan versi Windows XP yang sudah tidak asing lagi para kalangan masyarakat jaman sekarang ini, mampu membuat aplikasi lebih stabil. Windows XP ini menggunakan kernel Windows versi NT 5.1, menjadikan kernel Windows NT terkenal karena kestabilannya memasuki pasaran, dan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit tergantikan karena sudah menua. Beberapa versi Windows XP juga beragam, yaitu adalah di bawah ini :

  • Windows XP Home Edition
  • Windows XP Home Edition N
  • Windows XP Professional
  • Windows XP Professional N
  • Windows XP Media Center Edition
Windows XP


Windows Vista

Selanjutnya, pada tanggal 30 November 2006 Microsoft Windows merilis lagi dengan nama Windows Vista. Dimana versi ini pun terkenal bagi kalangan bisnis, dan bagi kalangan pengguna rumahan dirilis pada tahun 2007. Windows Vista sengaja dirancang lebih tangguh dalam segi keamanannya dibanding dengan versi Windows sebelumnya, karena versi ini memiliki mode pengguna terbatas yaitu User Accont Control "UAC" untuk menggantikan mode "Adsministrator by default" yang ada pada Windows XP. Versi terbaru ini juga memliki grafik yang lebih bagus yaitu "Windows Aero GUI", ditambah aplikasi barunya adalah "Windows Media Player versi 11, Internet Explorer versi 11, Windows DVD Maker, Windows Calender, game Mahjong, game Chess Titans, dan Purble PLace.


Windows 7

Tidak hanya itu, para pengembang Microsoft Windows tidak diam saja dan terus memperbarui Windows pada tanggal 22 Juli 2009, kemudian dirilis untuk pengguna publik pada tanggal 22 Oktober 2009, yang bernama Windows 7.
Windows 7


Windows 7 tidak seperti versi Windows sebelumnya, ia lebih fokus terhadap dukungan multi-touch pada layar komputer, taksbar yang didesain ulang, fitur internet "HomeGrup" untuk berbagi file kepada perangkat lain, juga performa yang telah ditingkatkan. Pada sisi tampilan grafis mempunyai dukungan DirectX 9 dan WDDM Driver Model 1.0. Di OS Windows 7 ini memiliki banyak versi, yaitu adalah sebagai berikut :
  • Windows 7 Ultimate
  • Windows 7 Professional
  • Windows 7 Interprise
  • Windows 7 Home Premium
  • Windows 7 Home Basic
  • Windows 7 Starter

Windows 8, 8.1 dan Windows 10

Dan pada tahun 2014, Microsoft Windows merilis lagi dengan versi barunya, juga memiliki sebuah tampilan yang sangat berbeda pada Menu Start-nya yang bernama Windows 8. Kemudian disambung dengan versi selanjutnya untuk memperbaiki Windows 8, yaitu Windows 8.1.

Tampilan dan fitur pada versi Windows 8 dan 8.1 ini memiliki fitur booting yang lebih cepat, sebuah aplikasi bawaan yang mempunyai tampilan UI modern, dan lain-lain.

Windows 10

Versi terakhir Sistem Operasi Microsoft Windows adalah Windows 10, dirilis pada tanggal 29 Juli 2015, memiliki Windows Server 2016, yang memiliki fitur berbeda dari versi 8 atau 8.1. Fitur tersebut adalah : memiliki tampilan Start Menu yang berbeda dan tampilannya hampir sama seperti Windows 7 namun tampil modern. Pada segi keamanannya lebih kuat dibanding versi sebelumnya. Aplikasi Internet Explorer diubah menjadi Microsoft EDGE.


No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.