Macam-macam Perbuatan yang Harus dilakukan Pertaubatan


Pengertian Taubat adalah orang-orang yang disebabkan merasa takut dirinya kepada Allah SWT, sehingga dosa-dosanya ditinggalkannya dengan menyadari bawah dia telah melakukan suatu kejelekan, dan segala macam kemaksiatan yang pernah dikerjakan telah disesalinya, dan kemudian dia mempunyai niat untuk tidak mengulanginya lagi dan tidak kembali melakukan suatu perbuatannya yang dilarang oleh Allah SWT, sebab ia sangat takut kepada-Nya.

Hal Yang Harus di Lakukan Pertaubatan

Sebenarnya, perbuatan-perbuatan yang memang dilarang Allah atau perbuatan yang keji dan munkar memang harus dihindari atau jika pernah dilakukan harus disegerakan untuk bertaubat, bukan hanya perbuatan tertentu saja. Dengan bertaubat kita akan merasa bebas dari rasa gelisah dan gundah, hati yang tenang, terbebas dari rasa bersalah, seperti misal kita pernah mencuri, lalu kita merasa seakan-akan dinaungi perasaan gelisah, misal takut pihak hukum seperti polisi mengincar atau menyelidiki kasus yang kita perbuat.


Perbuatan Yang Harus di Segerakan Bertaubat

Dibawah ini adalah macam-macam perbuatan yang harus dilakukan untuk bertaubat, yaitu :


Syirik Kepada Allah

Syirik kepada Allah SWT, yaitu diantara dosa besar lainnya, dan yang paling susah untuk Allah ampuni atau susah mendapatkan ampunan dari-Nya, ia dinamakan Syirik. Syirik ialah suatu perbuatan yang menyekutukan Allah SWT, seperti halnya kita percaya kepada batu ali, jimat, dan sebagainya. Yang pada dasarnya, Syirik itu adalah suatu perbuatan yang menduakan Allah SWT. Dan bila ada orang yang melakukan dosa ini, hendaklah melakukan taubat agar diberikan ridho Allah, dan mendapatkan ampunan dari-Nya. Lalu jangan pernah melakukannya lagi perbuatan tersebut, karena bila kita sudah melakukan taubat dan melakukan perbuatan dosa itu lagi, itu akan membuat anda semakin berdosa atau sama saja mempermainkan Allah SWT.


Kufur

Kufur, yaitu selain perbuatan Syirik, Kufur juga disebut dengan dosa besar. Makna kufur pun tidak kalah hebatnya, karena dosa ini dapat menyesatkan perbuatan amal seseorang, sehingga akibat dari dosa ini dapat menyeret pelaku dosa kedalam neraka selama-lamanya. Tetapi, dosa ini pun masih ada peluang untuk melakukan Taubat kepada Allah SWT agar didapatkannya ampunan-Nya.


Nifak

Nifak, yaitu suatu penyakit hati yang telah bersarang didalamnya pada seseorang sehingga mengakibatkan suatu kepura-puraan oleh seseorang yang terjangkit tanpa disadarinya dan nampaknya penyakit ini sangat berbahaya terhadap lapisan masyarakat, kecuali dengan taubat, maka penyakit ini tidak ada obatnya. Jika seorang munafik itu sudah bertaubat haruslah dilepaskan dari sifat plin-plan dan berperang dengan teguh untuk menjaga dari dosa dan mempelajari agama Islam. Lalu dari setiap amal ibadahnya haruslah di ikhlaskan hanya untuk Allah semata.


Fasik

Fasik, yaitu merupakan suatu perbuatan yang keluar dari suatu kebenaran. Yaitu ia selalu melanggar akan perintah-Nya dan malah mendekati apa yang dilarang-Nya. Dan ada pula perbuatan yang berupa bid'ah, yaitu perbuatan pada suatu ajaran yang tidak murni. Perbuatan ini juga diharuskan untuk bertaubat kepada Allah agar anda tidak tersesat terhadap ajaran agam Islam.


Zina dan Qodzaf

Zina dan Qodzaf, yaitu seseorang yang berbuat zina, maka wajib hukumnya untuk bertaubat. Perbuatan ini juga tidak kalah besarnya dengan dosa-dosa pada no. 1 dan 2. Perbuatan zina bila dilakukan terhadap laki-laki, maka ia haruslah berbuat baik terhadap suami si wanita tersebut setelah ia merasa ia salah dan beristigfar, lalu ia haruslah bersedekah kepada suami wanita tersebut. Dan apabila ia telah dihakimi, maka ia harus dihakimi dengan hukum hadnya. Sedangkan Qodzaf, yaitu perbuatan menuduh seseorang telah berbuat zina. Serta menuduh kepada seseorang sudah mengerjakan perzinaan tanpa adanya bukti atau saksi, maka perbuatan tersebut harus wajib untuk bertaubat. Dengan cara menyesali segala perbuatan tuduhannya kepada Allah SWT dan yang paling utama adalah kepada si orang yang kena tuduhan itu.


Riba

Riba, yaitu perbuatan yang selalu mengahalalkan barang jual atau beli. Perbuatan ini juga mengandung suatu kebathilan dan dalam agama riba diharamkan oleh Allah SWT. Ia harus bertaubat dengan cara syara yang telah ditentukan, yaitu bunga dari perbuatan itu harus dikembalikan dan berhenti melakukan perbuatan itu selamanya.


Dzalim

Berbuat Dzalim, yaitu perbuatan ini juga bisa saja terjadi pada diri kita sendiri atau terjadi kepada orang lain. Melanggar akan perintah Allah, mengerjakan apa-apa yang telah dilarang-Nya, itu sudah termasuk Dzalim terhadap diri sendiri. Perbuatan ini juga wajib untuk bertaubat dengan cara meninggalkan semua perbuatan dosanya dan diganti dengan suatu amalan yang benar, prilaku budi pekertinya diperbaiki, hanya kepada Allah SWT bergantung, dalam hatinya sangat merasa menyesal, pada dirinya berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan dosa, dan si orang tersebut akan nampak dari perbuatan taubatnya itu.

Jika semua tersebut (taubat) telah dikerjakan, alangkah indahnya dan bahagianya hidup kita. Dan kini kini bisa membangun kehidupan yang baru dan bersih dari segala suatu perbuatan dosa-dosa. Seseorang yang jauh dari perbuatan dosa-dosa dan selalu beribadah kepada Allah SWT akan nampak dari dirinya selalu tenang, bahagia, dan segala rijkinya akan mengalir dengan lancar.

Sekian saja dari saya, bila artikel ini sangat bermanfaat tolong anda bagikan kepada orang lain, teman atau kerabat dekat anda dengan menekan tombol share dibawah ini. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.