Tips Cara Menghindari Fitnah Kepada Orang Lain


Dalam hal ini saya akan menerangkan bagaimana Cara Menghindari Fitnah Kepada Orang Lain, atau bisa disebut juga dengan berperasangka buruk kepada orang lain, lalu kita mengungkapkannya kepada teman sendiri atau seseorang, terus seseorang itu juga mengatakannya lagi kepada yang lain, sehingga timbul pertanyaan apakah itu benar atau tidak, lalu semuanya mencari tahu, dan seterusnya. Bagi kalian yang memang sedang bermasalah dalam hal ini, pada pembahasan ini semoga ini bisa membantu anda cara menghindarinya.



Tetapi saya akan membahas mengenai orang agar orang tersebut tidak salah kaprah dalam menuduh dan jadilah fitnah. Kalau anda mempunyai hati, mungkin anda merasa kasian kepada orang yang anda tuduh tanpa ada bukti, dan mungkin bila dipikir-pikir bila anda yang mengalami hal tersebut, gimana rasanya coba?, pusingkah menghadapinya?.

Object fitnah merupakan suatu yang harus kita perbaiki adalah sikap. Evaluasi seluruh tingkah laku kita setiap saat, adakah yang melukai orang lain dalam hatinya?, jadi kita harus benar-benar, karna kemungkinan ada yang bisa menyebabkan kesalah pahaman orang lain sehingga menimbulkan fitnah.

Dalam sikap kita kesehariannya, seringkali sadar atau tidak sadar, walau baik sekali pun, atau terkadang ada yang buruk, itu akan menjadi lahan fitnah bagi orang lain. Jadi, kita harus waspada dan teliti dalam tinggkah laku kita dikesehariannya di lingkungan masyarakat. Takutnya ada orang lain yang memang tidak suka kepada kita atau gimana kan jadinya kita yang kena bila kita di fitnah. Tetapi bila kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk berbuat baik kepada orang lain, namun pada kenyataanya masih ada pihak-pihak yang masih memfitnah kepada kita, jadi sebaiknya kita bersabar dan berdoa memohon ampunan kepada Allah dan memohon untuk diberi kekuatan kepada kita.

Dan dibawah ini saya akan menyebutkan cara-cara untuk menghindari fitnah tersebut, antara lain sebagai berikut :

1. Melakukan pengecekan, yaitu jika kamu mendapatkan kabar informasi dari orang lain mengenai suatu hal yang buruk terhadap seseorang, maka anda harus bisa memastikan bahwa si orang tersebut memang benar begitu, apakah tidak. Dalam masalah ini anda harus teliti dan jangan asal mencari informasi pengecekan. Apalagi bila seseorang yang membawa informasi tersebut adalah orang yang suka berbohong, atau orang yang lagi dendam kepada orang yang ia tuduh, kasian kan orang yang di anggap berbuat sesuatu yang jelek, dan timbulah dosa kepada anda.

2. Menghindari Ghibah, yaitu menceritakan suatu kejelekan orang lain memang merupakan suatu yang terasa menyakitkan bagi objec yang dibicarakannya. Apalagi hal tersebut tidak benar-benar pasti kebenarannya. Rata-rata orang yang suka ghibah (membicarakan orang lain) itu suka tidak sadar dalam membicarakannya. Dan ada pula orang yang ghibah dilatar belakangi tukang pembohong atau orang yang lagi ada perasaan dendam kepada si pelakunya. Tetapi, sekalipun itu benar, itu akan mengakibatkan fitnah dan akibatnya fatal.

3. Berfikir positif dan menjaga kebersihan hati kita, yaitu bila kita ingin menghindari tingkah lagi agar tidak menjadi fitnah orang lain cara-caranya adalah dengan berfikir positif (Positive Thingking) dan menjaga hati kita, karena fitnah memang akan muncul kepada dari orang-orang yang tidak menjaga kebersihan hatinya sendiri.

4. Meminta maaflah jika bersalah, yaitu bila anda sudah jelas-jelas bahwa anda yang salah atas sesuatu kasus tersebut, maka diharuskan bersegralah meminta maaf kepada orang yang anda tuding tersebut, sehingga kesalah paham tersebut tidak menjadi fitnah.

Kesimpulannya adalah, anda diharuskan menjaga disetiap pembicaraan anda dengan orang lain mengenai kejelekan atau masalah buruk yang menimpa orang yang anda dan teman-teman anda bicarakan. Apalagi itu dari hasil rekayasa atau perasangka buruk seseorang, itu akan menjadi sumber fitnah. Jagalah setiap pembicaraan anda dengan orang lain agar tidak terjadinya fitnah, karena anda mungkin tau, fitnah itu merupakan suatu yang lebih kejam dari perbuatan membunuh (fitnah lebih kejam dari pembunuhan). So, semoga bermanfaat sobat.


No comments:

Sebelum menuliskan komentar, Anda harus baca syarat dibawah ini :
1. Tidak diperbolehkan menaruh link aktif,
2. Tidak boleh ada unsur huru hara dan pornograpi,
3. Jika membuat spam, komentar Anda akan dihapus, dan
4. Silahkan bertanya dan berbagi pikiran dengan kalimat yang baik dan membangun.

AK NEW SITE. Powered by Blogger.